4 Software Geoteknik Gratis Terbaik Untuk Windows

 software geoteknik gratis terbaik untuk Windows 4 Software Geoteknik Gratis Terbaik Untuk Windows

sumber gambar: gatewayengineers

Berikut yakni 4 software geoteknik gratis terbaik untuk Windows. Bidang geoteknik yakni bab dari teknik sipil yang berkaitan dengan sikap materi bumi ibarat tanah, batu, dll. Ini dipakai dalam aneka macam jenis konstruksi di darat dan bawah tanah untuk memperkirakan sikap lingkungan dan materi bumi di atas struktur.

Untuk memperkirakan dan mengukur aneka macam aspek material bumi di atas struktur atau sikap aneka macam jenis struktur itu sendiri, Agan memerlukan software geoteknik gratis ini.

Dengan memakai software geoteknik ini, Agan dapat melaksanakan aneka macam jenis analisis pada materi dan struktur untuk menemukan solusi yang lebih baik. Di sebagian besar software, Agan dapat menggambar struktur secara manual, menentukan material yang berbeda, mengatur properti material, dll., kemudian melaksanakan analisis. Dalam beberapa software, Agan juga sanggup mengimpor desain pra-bangun dan dengan cepat melaksanakan tugas-tugas ibarat analisis, pra-pemrosesan, pasca-pemrosesan, dll.


Untuk menggambar desain struktur secara manual, software ini memperlihatkan alat-alat ibarat balok, kabel, strip, permukaan tanah, dll. Selain analisis, Agan juga sanggup melaksanakan aneka macam perhitungan geoteknis melalui software ini.

Dalam respons analisis dan perhitungan, software ini mengatakan grafik dan nilai output. Dalam grafik yang dihasilkan, Agan dapat melihat kekuatan struktur, intensitas kekuatan yang berbeda di atas struktur, dan hasil penting lainnya. Software ini juga memungkinkan Agan menyimpan output dalam format XLS, PDF, CSV, dan lainnya.

Semua software ini dikembangkan untuk para profesional, oleh alasannya yakni itu ini tidak gampang dioperasikan terutama untuk pengguna pemula. Karena itu, saya menyarankan Agan untuk mengusut manual penggunaan dari software ini sebelum menggunakannya.

4 Software Geoteknik Gratis Terbaik Untuk Windows

1. ADONIS

ADONIS yakni software geoteknik gratis untuk Windows. Ini yakni software geoteknik yang berpengaruh untuk geoengineer untuk melaksanakan analisis linear dan non-linear dari dilema geoteknik. Hal yang baik wacana software ini yakni bahwa ia hadir dengan antarmuka yang sepenuhnya grafis yang memungkinkan baik pemrosesan pra dan pasca model interaktif. Untuk melaksanakan analisis, Agan dapat secara manual menciptakan model sederhana di dalamnya.

 software geoteknik gratis terbaik untuk Windows 4 Software Geoteknik Gratis Terbaik Untuk Windows

Untuk menciptakan model yang kompleks, ADONIS menyediakan generator jala yang memungkinkan Agan untuk menciptakan jerat sampai yang kompleks. Untuk memahami lebih lanjut wacana model yang dirancang, Agan dapat memakai hasil visual pasca-pemrosesan dalam bentuk plot kontur dan deformasi.

Fitur utama:

  • Panel Perintah : Ini yakni panel utama dari software ini alasannya yakni berisi semua alat yang dibutuhkan di mana Agan dapat menggambar struktur, melaksanakan pra-pemrosesan, melaksanakan pasca-pemrosesan dan operasi penting lainnya. Beberapa alat penting dari software ini yakni Geometry (untuk menciptakan desain geometris), Assign Material (untuk menetapkan materi yang berbeda untuk aneka macam bab model), Kondisi Awal (untuk menambah tegangan, kecepatan, gaya, dan kondisi awal lainnya untuk model Anda), Hitung (ini memungkinkan Agan menghitung elastis, langkah, fos, dll.), Dan banyak lagi.
  • Tipe Struktur : Agan dapat dengan cepat menambahkan balok, kabel, strip, dll. Ke model Agan.
  • Mesh : Ini memungkinkan Agan menambahkan jerat segitiga 3-node atau 6-node ke model Agan.

Fitur Tambahan :

  • Script : Ini memungkinkan Agan untuk memasukkan skrip Agan sendiri sehingga Agan dapat menghasilkan solusi Agan sendiri sesuai dengan model Agan.
  • Ekspor Gambar : Menggunakan fitur ini, Agan dapat mengekspor desain model pra-diproses dan pasca-diproses dalam format PNG, JPG, BMP, dan lainnya.


Ini yakni salah satu software geoteknis paling sederhana namun berpengaruh yang memungkinkan Agan untuk menciptakan model struktural dan menganalisis aneka macam karakteristik geoteknik. Agan sanggup download ADONIS dari link berikut: http://www.geowizard.org/download.html.

2. PSlope

PSlope yakni software geoteknis gratis lainnya untuk Windows. Seperti namanya, ini terutama dipakai untuk menganalisis dan menuntaskan dilema yang terkait dengan lereng. Dalam software ini, Agan dapat secara manual menciptakan desain lereng atau mengimpor desain lereng dalam format file DXF.

 software geoteknik gratis terbaik untuk Windows 4 Software Geoteknik Gratis Terbaik Untuk Windows

Untuk menggambar struktur atau desain lereng, software ini memperlihatkan aneka macam alat menggambar. Selain mendesain lereng, Agan juga sanggup menentukan jenis material (tanah, batu, dll.) yang ada pada lereng, menentukan sifat internal material dan melaksanakan beberapa perhitungan geoteknik. Setelah melaksanakan analisis dan perhitungan, Agan dapat menyimpan semua hasil dalam file DOC.

Fitur PSlope:

  • Draw : Ini yakni sajian yang menyediakan semua kemiringan dan alat pembuat struktur yang dibutuhkan ibarat permukaan tanah, lapisan tanah, beban garis, lapisan freatik, tambahkan kisi, garis singgung, dll.
  • Utilitas : Dengan menggunakannya, Agan dapat dengan gampang memindahkan aneka macam elemen struktur lereng, menggambar sumbu, menggambar dimensi, dan menambahkan teks ke model Anda.
  • Perhitungan : Ini memungkinkan Agan untuk melaksanakan aneka macam perhitungan kemiringan geoteknis memakai metode ibarat menghitung dengan satu titik, menghitung dengan lingkaran, menghitung dengan garis singgung ke garis dan menghitung dengan garis blok.
  • Umum : Ini yakni sajian yang menyediakan dua alat penting yaitu Parameter Penghitungan dan Bahan Tanah. Alat parameter perhitungan memungkinkan Agan memilih metode analisis yang berbeda dan memungkinkan Agan menentukan parameter material ibarat kohesi, sudut gesek, koefisien seismik, dll. Alat Bahan Tanah memungkinkan Agan untuk mengatur data lapisan tanah ibarat warna tanah, berat unit curah, gamma saturasi , dll.

Keterbatasan:
software geoteknik ini hanya sanggup dipakai untuk menganalisis dan memecahkan dilema terkait lereng.

Ini yakni software geoteknis yang sangat anggun kalau Agan perlu menganalisis dan menemukan solusi untuk struktur berbasis kemiringan. Agan sanggup download PSlope dari sini.

3. SO-Foundation

SO-Foundation yakni software geoteknis gratis lainnya untuk Windows. software geoteknik ini terutama dipakai untuk menghitung daya dukung kolom dangkal. Ini juga merupakan software yang cukup baik untuk memperkirakan tegangan kegagalan kolom sehingga Agan dapat menciptakan desain kolom yang benar sesuai dengan persyaratan struktur.

 software geoteknik gratis terbaik untuk Windows 4 Software Geoteknik Gratis Terbaik Untuk Windows

Untuk menghitung kegagalan geser kolom atau fondasi, software ini menyediakan aneka macam metode yaitu Eurocode, Hansen, Meyerhof, Vesic dan Terzaghi.

Untuk membantu Agan melakukan aneka macam tes dan memahami makna hasil yang diperoleh, software ini menyediakan dua fitur manual simpel yaitu manual Ilmiah dan manual Verifikasi pada antarmuka-nya.

Fitur SO-Foundation:

  • Lapisan : Di bab ini, Agan perlu mendefinisikan semua nilai dan parameter yang dibutuhkan terkait dengan kolom atau fondasi ibarat Ketebalan, Batas, γ, ϕ, Kekakuan, Tekanan dan banyak lagi.
  • Isobar Tekanan : Menurut parameter kolom, fitur ini menghasilkan representasi visual tekanan di aneka macam bab kolom dan sekitarnya.
  • Daya dukung : Ini menghasilkan beberapa grafik yang memperlihatkan daya dukung menurut algoritma yang berbeda ibarat Eurocode, Hansen, Vesic, dll.
  • Ekspor : Setelah menghitung kegagalan geser, kapasitas dukung dan parameter geoteknik lainnya, Agan dapat memakai fitur ini untuk mengekspor kesannya dalam format PDF .

Keterbatasan:
Dalam versi demo software ini, Agan akan menghadapi beberapa batasan ibarat kisaran satuan metrik terbatas, adannya watermark pada grafik keluaran, ekspor cacat ke opsi Excel, dll.

Ini yakni software geoteknis gratis dan berpengaruh lainnya yang sanggup Agan gunakan untuk mengetahui daya dukung dan kegagalan geser kolom. Agan sanggup download SO-Foundation dari link berikut: http://www.soiloffice.com/Download.


4. CRISP2D

CRISP2D yakni satu lagi software geoteknik gratis untuk Windows. software ini juga dikenal sebagai Program Mekanika Tanah Negara Kritis. Ini menyediakan kegiatan analisis elemen bersama dengan dua jendela preprocessing dan post-processing yang terpisah untuk melaksanakan aneka macam jenis analisis geoteknik.

 software geoteknik gratis terbaik untuk Windows 4 Software Geoteknik Gratis Terbaik Untuk Windows

Utilitas spreadsheet yang simpel juga disediakan yang dengannya Agan dapat menyimpan, mengekspor dan mencetak hasil. Hal yang baik wacana software ini yakni sanggup dipakai dalam aneka macam jenis dilema geoteknis ibarat analisis pijakan, pemakukan tanah, penguatan geotekstil, stabilitas lereng, stabilitas lubang bor, dll.

Elemen Utama CRISP2D:

  • Pra-Pemrosesan : Di dalamnya, Agan dapat secara manual menciptakan struktur dasar, menentukan semua properti dari semua elemen yang dipakai dalam struktur, menciptakan profil mesh struktur Agan dan menentukan aneka macam kondisi pengujian tegangan. Pada dasarnya, ini menyediakan semua elemen yang dibutuhkan di mana Agan dapat dengan cepat menciptakan dan menganalisis struktur.
  • Pasca Pemrosesan : Di dalamnya, Agan dapat memakai beberapa teknik analisis lanjutan ibarat Drain, Undrained, Fully-Coupled, dll, plus, alat visualisasi global untuk mengatakan output dalam bentuk plot Kontur dan plot Deformasi juga tersedia di dalamnya. Alat penting lainnya ibarat seperangkat alat grafik yang komprehensif, plot jala yang dipindahkan, plot status hasil, plot tegangan dan regangan utama, legenda otomatis untuk semua plot, dan banyak lagi juga ada di dalamnya.
  • Modul Grafik : Di dalamnya, Agan mendapatkan dua metode plot grafik yang berbeda. Metode pertama memungkinkan Agan merencanakan grafik memakai satu set titik pengambilan sampel untuk mengetahui variasi spasial di seluruh jala. Metode kedua memungkinkan Agan memplot grafik memakai titik pengambilan sampel individual untuk melacak perubahan yang terjadi pada variabel tertentu selama aneka macam tahap analisis.

Setelah melaksanakan analisis dan mencari solusi yang sempurna untuk dilema geoteknik, Agan dapat memakai fitur Printing and Report Generator untuk mencetak dan menyimpan semua nilai input, hasil output, grafik, dll., dalam PDF, XLS dan dalam aneka macam format grafik.

Keterbatasan:
Dalam versi gratis / edukasi dari software ini, Agan hanya sanggup memakai 150 elemen dan 200 node untuk melaksanakan analisis.

Ini yakni software geoteknis yang komprehensif yang sanggup dipakai untuk menganalisis dan memecahkan dilema geoteknik dari aneka macam jenis. Agan sanggup download CRISP2D dari link berikut: http://www.mycrisp.com/download.html.

Itulah ke 4 software geoteknik gratis terbaik untuk Windows, biar artikel ini bermanfaat untuk Agan dan terima kasih atas kunjungannya.
close
Banner iklan disini