Cara Mengubah Tipe Nat Ps4

Artikel ini menjelaskan cara mengubah tipe NAT di PS Cara Mengubah Tipe NAT PS4

Artikel ini menjelaskan cara mengubah tipe NAT di PS4 memakai router Agan, macam macam type NAT dan bagaimana itu mempengaruhi koneksi PS4 Agan ketika bermain game secara online. Baca artikel ini hingga selesai.

Jika Agan mengalami keterlambatan dan koneksi tiba tiba putus yang tidak biasa ketika bermain game PS4 online dengan teman-teman Agan, masalahnya mungkin bukan pada penyedia internet Agan, terutama jikalau kegiatan internet Agan yang lain sepertinya tidak terpengaruh.

Sebaliknya, ini biasanya merupakan problem dengan tipe NAT yang salah diatur. Karena tipe NAT yaitu tindakan pengamanan, kadang kala bisa menjadi terlalu protektif terhadap jaringan Agan dan mengabaikan semua koneksi yang tiba dari luar.


Apa Tipe NAT Itu?
Network Address Translation (NAT) yaitu metode di mana perangkat jaringan (kebanyakan firewall) menetapkan alamat IP publik untuk semua perangkat di jaringan yang sama. Tipe NAT mengurangi jumlah alamat IP dalam satu jaringan pribadi.

Salah satu laba utama dari tipe NAT yaitu kemampuannya untuk menyembunyikan alamat IP pribadi Agan, sehingga menjaga keamanan jaringan Agan. Ini nyaman untuk koneksi yang dibentuk secara internal, ibarat menjelajahi internet, mengusut kotak masuk email Agan, atau bergabung dengan sebuah game. Karena koneksi dimulai dari dalam jaringan, data akan mengalir masuk dan keluar dari jaringan Agan dengan mulus.

Namun, ini tidak terjadi ketika koneksi dimulai secara eksternal. Router terkadang tidak sanggup mengenali alamat IP internal mana yang dimaksudkan untuk koneksi tersebut. Koneksi eksternal termasuk bergabung dengan lobi game multi-player, dialog grup dalam-game, dan kegiatan multi-player lainnya.

Jenis Jenis NAT
Ada tiga jenis NAT yang sanggup Agan atur untuk jaringan Agan.

Tipe 1 - Terbuka: Tipe NAT terbuka akan memberi Agan pengalaman bermain game terbaik, tetapi itu akan benar-benar membuka koneksi Agan. Ini mengalahkan tujuan tunggal NAT, yang bertujuan untuk menutupnya dan membuatnya aman. Jadi, jikalau Agan ingin menciptakan koneksi Agan rentan dengan imbalan permainan daring yang lancar, Agan harus menentukan jenis ini.

Tipe 2 - Sedang: Ini yaitu keseimbangan tepat antara keamanan dan konektivitas untuk PS4 Agan. Perangkat akan tetap berada di belakang router dan akan sanggup mendapatkan koneksi eksternal. Agan sanggup terhubung ke semua game online dan mengunduh hal-hal online tanpa khawatir wacana keamanan Agan.

Tipe 3 - Ketat: Jika Agan mengalami problem dengan game online PS4 Agan, jenis NAT Agan mungkin diatur ke 3. Ini berarti bahwa konsol berada di belakang router dan firewall dan tidak ada port jaringan yang datang. Agan sanggup terhubung ke gim dan pemain lain, tetapi tidak ada yang bisa terhubung dengan Agan. Misalnya, Agan tidak akan pernah sanggup meng-host game online dengan tipe NAT 3.

Cara Memeriksa Tipe NAT DI PS4
Memeriksa tipe NAT Agan yaitu proses yang mudah. Agan harus mengaktifkan PS4 Agan, dan ikuti langkah-langkah ini.

• Buka sajian 'Settings'.
• Pilih 'Network'.
• Pergi ke 'View Connection Status.'
• Tunggu hingga investigasi final dan temukan jenis NAT di belahan paling bawah layar.

Tuliskan Alamat IP Agan di suatu daerah (ini yaitu alamat Default Gateway Agan). Agan akan membutuhkannya jikalau Agan ingin mengubah tipe NAT.

Artikel ini menjelaskan cara mengubah tipe NAT di PS Cara Mengubah Tipe NAT PS4

Mengubah Tipe NAT
Agan tidak akan sanggup mengubah jenis NAT pribadi di PS4 Agan. Satu-satunya cara untuk memodifikasinya yaitu melalui opsi router Agan. Karena opsi-opsi ini sanggup bervariasi dari satu router ke router lainnya, Agan harus mengetahui tipe router Agan dan menyiapkan manual (atau mencarinya di internet) sebelum melanjutkan.

• Buka browser Agan di PC.
• Ketikkan alamat 'Default Gateway' yang telah Agan tulis di belahan sebelumnya.
• Tekan Enter untuk membuka sajian router Agan.
• Masukkan kredensial Agan sehingga Agan sanggup mengakses pengaturan.
• Temukan opsi 'UPnP' di pengaturan dan aktifkan. Ini berarti 'Universal Plug and Play' dan memungkinkan perangkat yang berbeda di jaringan yang sama untuk saling mengenali.

Setelah ini, ada dua metode untuk mengubah Tipe NAT Agan - apakah Agan akan meletakkan perangkat Agan di DMZ (zona demiliterisasi), atau Agan akan membuka forwarding ports.

METODE 1: Menempatkan PS4 Ke DMZ
DMZ yaitu jaringan yang berada di tepi antara kondusif (jaringan rumah Agan) dan tidak kondusif (sisi internet). Ini berarti bahwa perangkat Agan akan sanggup mendapatkan koneksi dari luar, tetapi akan tetap rentan terhadap pengganggu dan pencurian data. Ikuti langkah-langkah ini untuk meletakkan konsol di DMZ:

• Temukan pengaturan DMZ di sajian router Agan.
• Aktifkan DMZ dan masukkan alamat IP PS4 (yang Agan tulis tadi).
• Simpan modifikasi baru.
• Buka 'Settings' pada PS4 Agan dan lihat apakah tipe NAT Agan sudah berubah atau belum.

METODE 2: Forwarding Ports.
Forwarding ports yaitu metode yang lebih aman, tetapi tidak berfungsi setiap saat. Begini cara melakukannya:

• Temukan sajian forwarding ports dalam pengaturan router Agan. Namanya tergantung pada jenis router Agan, tetapi biasanya 'Server Virtual,' 'forwarding ports.' atau yang serupa.
• Masukkan forwarding ports khusus.
• Ini yaitu angka dan tipe (baik TCP atau UDP) yang perlu Agan tambahkan: 80 (TCP), 443 (TCP), 3478 (TCP dan UDP), 3479 (TCP dan UDP), dan 3480 (TCP). Agan harus menetapkan nama dan alamat IP (yang Agan tulis tadi) untuk masing-masing porta.
• Konfirmasikan perubahannya.
• Periksa tipe  NAT pada PS4 Agan.

Setelah melaksanakan perubahan ini, tipe NAT Agan biasanya akan beralih ke Tipe 2 terlepas dari metode. Untuk beralih ke tipe yang benar-benar terbuka, Agan harus menghapus router atau menjembatani sehingga hanya PS4 Agan yang sanggup berkomunikasi dengan jaringan. Ini tidak disarankan.

Jika Agan telah berhasil mengubah tipe NAT, Agan harus segera melihat peningkatan dalam game online Agan. Ini sebab data eksternal sanggup mengalir mulus ke koneksi pribadi Agan tanpa gangguan atau lag.

Bagian terbaiknya yaitu bahwa NAT Type 2 masih akan menjaga keamanan jaringan Agan ketika Agan bermain game atau menjelajah online. Namun, Agan harus selalu memindai koneksi internet Agan untuk data yang tidak diinginkan atau kekurangan keamanan.

Itulah Cara Mengubah Tipe NAT di PS4. Semoga artikel bermanfaat buat Agan yang membutuhkan, jangan lupa di share yach. Terima kasih atas kunjungannya.
close
Banner iklan disini